RSS
Write some words about you and your blog here

Istikhoroh: Media komunikasi dengan Allah

Istikhoroh: Media komunikasi dengan Allah
Oleh: Irfan Soleh

Istikhoroh merupakan salah satu media komunikasi dengan Allah. Kenapa kita perlu berkomunikasi dengan-Nya? Kita hidup di dunia ini ada aturan mainnya. Kita harus senantiasa berkomunikasi dengan-Nya agar tidak keluar dari aturan tersebut. Hidup pun selalu penuh dengan pilihan. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi bahkan mungkin setiap helaan nafas kita selalu ada pilihan demi pilihan. Agar kita tidak salah memilih kita pun harus bertanya dan berkomunikasi dengan-Nya. Jadi kesimpulannya kita harus senantiasa beristikhoroh.

Istikharah artinya memohon pilihan yang terbaik dari sisi Allah swt. Ada beberapa macam istikhoroh, salah satunya adalah istikhoroh Qur’an. Cara Istikharah dengan Al-Qur'an telah diajarkan oleh Rasulullah saw kepada keluarganya. Tata cara ini terdapat pada Kitab Mafatihul Jinan, kunci-kunci surga, bab Istikharah
Pertama: Membaca Surat Al-Ikhlash (3 kali)
Kedua: Membaca shalawat (3 kali)
Ketiga: membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ اِنِّي تَفَأَلْتُ بِكِتَابِكَ وَتَوَكَّلْتُ عَلَيْكَ فَأَرِنِي مِنْ كِتَابِكَ مَاهُوَ مَكْتُومٌ مِنْ سِرِّكَ الْمَكْنُونِ فِي غَيْبِكَ.

Allâhumma innî tafa`altu bi-kitâbika wa tawakkaltu 'alayka, fa-arinî min kitâbika mâ huwa maktûmun min sirrikal maknûn fî ghaybik(a).
Ya Allah, aku memohon pilihan dengan kitab-Mu dan bertawakkal kepada-Mu, maka perlihatkan kepadaku dari kitab-Mu apa yang telah ditentukan dalam rahasia-Mu dan yang tersimpan dalam keghaiban-Mu.

Keempat: Bukalah Al-Qur'an dan perhatikan baris yang pertama di
bagian kanan.

. Contoh kongkretnya adalah tentang pilihan S2. Ketika saya mengatakan ingin melanjutkan S2 ke IIUM yang keluar adalah ayat ishbiru wa shobiru la’allakum tuflihun. Ayat ini ada hubungannya dengan pengorbanan nabi ibrohim dan kesabaran nabi ismail. Kisah ini merupakan asal muasal penyembelihan hewan Qurban pada hari raya idul adha. Subhanallah saya mendapat jawaban bahwa saya keterima di IIUM pas malam idul adha, jadi kebetulan hasil istikhoroh Qur’an dalam kasus ini jawabannya tepat sekali. Wallohu a’lam yang jelas hal ini meyakinkan saya bahwa apapun yang akan kita lakukan jangan sampai lepas dari-Nya

Dari Allah...dengan Allah... untuk Allah..
Semoga...

0 komentar:

Posting Komentar