RSS
Write some words about you and your blog here

SMS Tausiah Selama Di Mekkah

Barang siapa yang menunaikan haji, dengan tidak berbicara kotor dan tidak mencaci maka diampuni dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan(HR. Bukhari, Muslim)

Ibnu Mas'ud berkata: Ridholah terhadap apa yg telah Allah berikan kepadamu, niscaya engkau menjadi orang yg paling kaya.



Rasulullah: Orang yg kuat bukanlah yg menang dalam bergulat, tetapi orang yang kuat adalah orang yang bisa menguasai dirinya ketika marah (HR. Bukhari, Muslim)

Rasulullah: Tidak ada satu haripun yang Allah lebih banyak membebaskan hamba dari neraka kecuali hari Arafah. Di hari itu Dia mendekat kemudian membanggakan mereka (yang wukuf) di hadapan para malaikat. (HR. Muslim)

Doa terbaik adalah doa di hari Arafah. Dan ucapan terbaik yang saya dan para nabi sebelumku pernah ucapkan adalah, (LAA ILAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIKA LAHU, LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ALA KULLI SYAY-IN QADIR) juga dianjurkan pada hari ini untuk memperbanyak zikir,doa,istigfar & taubat sejak selesai shalat dzuhur hingga matahari terbenam

Sdrku haji,anda hrus mghindari hal2 brikut ktika wukuf: tinggal di luar batas2 Arafah,kluar dr Arafah sblum mthari trbenam,memaksakn diri naik ke Jabal Rahmah pdhal tdk ada keutamaan trtntu padanya,berdoa mghadap ke Jbl Rahmah smntara kiblat ada di blakangnya atau di kiri/kanannya krn sunnahnya brdoa mghadap ke kiblat

Setelah matahari trbnam bertolaklah ke Muzdalifah. Shalatlah mgrib & isya scara jamak-qashar di sana . Disunnahkn brmalam hingga melaksanakn shalat subuh. Usai shalat subuh perbanyaklah takbir,dzikr & doa hingga langit agak terang kemudian bertolaklah ke Mina untuk melontar jamrah aqabah.Talbiyah dihentikan stlah tiba di jamrah

Amalan hari ini :1.Melempar jamroh Aqabah dgn 7 butir kerikil sambil bertakbir di setiap lemparan (bagi yg tdk mampu krena sakit atw yg smacamnya boleh diwakilkan) batas wktu pelemparan smp masuk wktu subuh esok hari 2.Menyembelih dam bagi yg berhaji tamattu' dan qiron 3.Bercukur (bagi pria cukur habis lebih afdhal, bagi wanita ckup memotong spanjang satu ruas jari) 4. Thawaf ifadhah,dan sa'i haji
dan amalan2 diatas boleh dilaksanakan dng tidak berurutan

Setelah melempar jamrah dan mncukur rambut, anda telah tahallul I, dihalalkan bagi anda semua larangan ihram kecuali brhubungan suami istri. Stelah anda smpurnakan dgn thawaf ifadhah maka anda telah tahallul II dan dihalalkan bagi anda larangan2 ihram termasuk brhubungan suami istri

Thawaf Ifadhah boleh dilakukan pada hari tasyrik, dan jika terpaksa bisa digabungkan dgn tawaf wada'. Jika anda tawaf ifadhah pd tgl 10 Dz.Hjjah maka setelah selesai kembalilah ke Mina untuk mabit

Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh balasannya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan paling besar pahalanya.(QS. Al Muzzammil:20)

Rasulullah: (Hari tasyriq adalah hari makan dan minum, juga berdzikir pada Allah). Dianjurkan pada hari ini untuk takbiran seusai shalat2 fardhu. Selama di Mina,Shalat dhuhur,ashar dan isya dilaksanakan dengan qashar (2 rakaat) tanpa dijamak.

Pada tgl 11 dan 12 Dz.Hjjh wajib melempar tiga jamrah, waktu mlempar setelah masuknya waktu shalat zhuhur, secara berurutan (Sughra-Wustha-Aqabah), membaca takbir di setiap lemparan, dan berdo'a menghadap qiblat setelah jamrah I (shugra) dan II(wustha)

Wajib mabit(bermalam) di mina mlm tgl 11 & 12 dzulhijjah bagi nafar awal, dan ditambah mlm 13 bagi nafar 2, Tdk diharuskan tdur ktk mabit, tp hrs berada di mina lebih dari setengah malam(6jam baik bersambung atw terpisah)sejak tenggelam mthri smp terbit fajar

Dianjurkan untuk memperbanyak zikr dan takbiran selama hari tasyriq (11,12& 13 dzulhijjah) juga memperbanyak doa:robbana aatina fiddunya hasanah wafil aakhiriti hasanah waqina azabannar.

Rasulullah: Amal yang paling dicintai Allah adalah amal yang dilakukan secara terus-menerus, sekalipun sedikit.

bagi jamaah haji yg mengambil nafar awal wajib keluar dari mina sblm matahari terbenam pd hari senin 12 dzulhijjah, jika mathr terbemam pd tnggal 12 dzulhijjah dan jamaah masih di mina mk wajib mabit pd tanggal 13 & melempar tiga jamarah pd siang harinya, kecuali jk ketika keluar sblm maghrib & terjebak macet.

Raghib As-Sirjani: Indikasi terkabulnya doa adalah semakin ringan Beramal shalih, tertarik dengan segala ketaatan, selalu berhasrat untuk berbuat baik, takut balasan maksiat, dan tersentuh ketika mendengar bacaan Al-Quran, hadits, dan ilmu-ilmu lain yang bermanfaat.

jamaah haji wanita yg datang dari tanah air sedang ia haid dan blm thawaf ifadhah mk harus menunggu smp bersih dari haidnya lalu thawaf ifadhah, kecuali jk khawatir tertinggal rombongan kembali ke negrinya mk boleh thawaf ifadhah dng mengenakan pembalut.

0 komentar:

Posting Komentar