RSS
Write some words about you and your blog here

Asuransi; Coretan Kajian Isefid

Takaful atau asuransi syariah telah mendapat penerimaan luas di kalangan masyarakat terutama di Malaysia sebagai alternatif terhadap asuransi konvensional yang notabene non-syari’ah compliant. Takaful dianggap sebagai salah satu instrumen keuangan Islam yang menawarkan solusi yang lebih baik dan sesuai dengan syariah dalam menangani risiko dan ketidakpastian di masa depan. Hal ini dipaparkan lebih detail dalam diskusi isefid edisi jum’at 2 maret 2012. Ada dua Pembicara dalam kajian kali ini yaitu Nasr Akbar, Direktur ISEFID, dan Mahbubi Ali, peneliti International Shariah Research Academy for Islamic Finance (ISRA) dengan tema Critical Review of Takafuk Operations.


Dalam konteks operasionalnya, Pengamat dan praktisi syari’ah telah mengidentifikasi kontrak atau akad dalam Islam yang dipakai oleh industri takaful. Akad yang dilakukan antara peserta dengan perusahaan terdiri atas akad tijarah dan atau akad tabarru’. Dalam akad tijarah (mudharabah), perusahaan bertindak sebagai mudharib (pengelola) dan peserta bertindak sebagai sohibul mal (pemegang polis). Dalam akad tabarru` (hibah), peserta memberikan hibah yang akan digunakan   untuk menolong peserta lain yang terkena musibah. Sedangkan perusahaan sebagai pengelola dana hibah.

Akad-akad diatas menjadi basis bagi perkembangan model takaful seperti mudharabah model, modified mudharabah model, wakalah model, modified wakalah model, hybrid model, sampai pada waqf model. Mahbubi Ali memaparkan secara detail bagaimana perkembangan model-model tersebut. kekurangan dan kelebihan dalam model-model takaful dikupas satu per satu. Tidak hanya ‘mengkritik’ model-model yang telah ada, Mahbubi Ali pun menawarkan konsep wadi’ah model dan musyarakah ta’awuniyyah

Perjalanan model takaful telah melalui proses yang panjang namun masih banyak isu-isu syari’ah yang perlu diselesaikan. Tugas kita sebagai para pejuang dan pecinta ilmu untuk terus mencari dan menemukan konsep atau model terbaik. Menemukan model takaful yang ideal harus menjadi focus perhatian semua kalangan baik itu akademisi, peneliti maupun para praktisi yang bergelut di industry takaful. Kajian isefid kali ini mudah-mudahan dibaca sebagai salah satu usaha kearah sana, semoga, Aminn.

0 komentar:

Posting Komentar