RSS
Write some words about you and your blog here

Creating and Developing Successful Team


KL, 19 oktober 2012 

Bisakah perusahaan kecil merubah dunia?  Yap jawabannya Sangat Bisa! Setidaknya itulah yang diimpikan oleh seorang Shai Agashi, Founder and CEO of Better Place. Dia ingin merubah tatanan system transportasi yang terlalu tergantung pada oil karena banyak dampak negativenya terhadap lingkungan. Agashi ingin menciptakan transportasi yang ramah lingkungan dengan kendaraan yang ia sebut sebagai Electric Vehicle (EV). Harapannya bumi ini akan menjadi ‘a better place’ bagi manusia dan semua penghuninya.

Di Indonesia geliat semacam itu mulai terlihat, Dahlan Iskan adalah orang yang paling getol mengkampanyekan isu ini. Harapannya mobil listrik bisa menjadi mobil nasional. Mudah-mudahan ia bisa menjadi kebanggaan bangsa karena mendorong kemandirian ekonomi dan keinginan yang kuat untuk melepas jerat-jerat ketergantungan terhadap Negara lain. Namun bisakah Dahlan Iskan mewujudkannya sendirian? Apa yang harus ia lakukan agar mimpinya tercapai? Jawabannya singkat saja kawan, berkaca dari Shai Agashi, Dahlan Iskan butuh satu hal terlebih dahulu yaitu a great teamwork!

Coretan ini ingin membahas tentang teamwork karena kesuksesan sebuah perusahaan atau organisasi selalu dibarengi dengan teamwork yang handal. How to create a team? How to develop a successful and effective team? We will answer both question one by one, insya Allah based on the materials in chapter 8 of Organizational Behaviour’s book by Jerald Greenberg and other resources.

Assembling a team and keeping it going is no easy task. Doing so requires not only having the right combination of skilled people, but also individuals who are willing to work together with others as a team. When done properly, designing a work team involves the four distinct stages as following:
Stage 1; Prework; we determine whether or not to form a team, if a team is formed then establish objectives and authority structure
Stage 2;  create performance conditions; ensure that team has proper resources to function. Stage 3; form and build team; get members to accept purpose and mission
Stage 4; provide ongoing assistance; help eliminate problems that arise and help team get and use resources

Teams need to be carefully nurtured and maintained for them to accomplish their mission. Based on analysis of successful team, several keys to success may be identified. It helps to do the following: provide training in team skills, compensate team performance, provide managerial support, promote employee support, promote cooperation within and between teams, and select team members based on their skills or potential skills  

Sebenarnya pembahasan Jerald Greenberg masih panjang kawan cuma akan lebih baik kalau kita bandingkan dengan versi yang lain, Yodhia Antariksa misalnya ia mengupas 3 ways to build excellence team dengan begitu renyah. Elemen pertama, tak pelak lagi adalah : team leader yang kredibel. Anda boleh punya tujuan tim yang heroik, atau punya para anggota team dengan talenta yang mengagumkan. Namun tanpa team leader yang inspiring, sebuah tim bisa terseok-seok di tengah jalan dan lalu terpelanting.

Elemen yang kedua adalah ini : sebuah tim hanya akan mekar kinerjanya jika ia memiliki tujuan/sasaran yang jelas, dan tak kalah penting, segenap anggota tim saling koordinasi untuk memetakan dimana peran dan tanggungjawabnya dalam mengejar tujuan itu dan Elemen yang terakhir bagi munculnya great team adalah ini : terbangunnya sense of togetherness yang solid. Atau spirit kebersamaan demi tergapainya tujuan tim. Disini yang tak boleh muncul adalah perasaan egoisme yang kental (gue yang paling berperan dalam tim ini) atau juga ego sektoral (bagian atau departemen kami yang paling penting; atau kami ndak mau tahu kerjaan bagian lain). 

Demikian coretan untuk hari ini, si Nafri masih di pojok cinta GSM undur diri, wassalamu’alaikum wr wb.

0 komentar:

Posting Komentar